Pedoman Pembuatan Skripsi

Pedoman Pembuatan Skripsi

Mahasiswa semester akhir akan dihantui dengan ketakutan akan pembuatan skripsi. Karena skripsi merupakan momok tersendiri yang terkadang terasa amat menyeramkan bagi para mahasiswa di sesmester akhir. Nah bagi anda yang sedang di ujung penantian dan akan segera melakukan penyelesaian tugas akhir dan sekaligus mebuat skripsi, sudahkah mengerti akan panduan pembuatan skripsi? Jika belum baca terus artikel ini, ya!

Pengertian skripsi
Apa itu skripsi? Sebenarnya jika ditanya dengan pertanyaan seperti ini, bisakah anda dengan gamblang menjelaskan apa itu skripsi? Skripsi sendiri adalah sebuah bentuk karya yang dituangkan berdasrkan adanya penelitian ilmiah yang akan dilakukan oleh tiap-tiap mahasiswa untuk mendapatkan gelar strata satu atau S1. Diluar negeri, skripsi dinyatakan sebagai undergate thesis. 

Apa perbedaan skripsi dengan tugas akhir?
Sebanrnya jika ada yang menanyakan ini, maka perbedaannya akan hanya terletak pada struktur dari penulisannya. Dimana tugas akhir hanya akan dibaha dari penganalisaan kulaitatif dan akan membahas sampai kajian pustaka sedangkan sebuah skripsi harus melibatkan adanya kajian lapangan atau melakukan sejenis survei terpecaya yang akurat. Tugas akhir adalah hal yang dilakukan oleh mahasiswa untuk mendapatkan gelar Diploma atau D4/D3 sedangkan skripsi untuk Sarjana atau S1.

Jenis metode penelitian pada skripsi
Untuk metode penelitian skripsi sendiri terbagi menjadi 2 jenis metode yaitu kuantitatif dan kualitatif. Perbedaan dari ke 2 metode tersebut hanya pada penggunaan data serta cara menganilasa data yang dipakai. Kedua jenis metode penelitian ini bisa dipakai dan digunakan untuk jurusan apapu dalam sebuah universitas.

Tingkatkan Peluang Cepat Lulus, Cepat Kerja

Jasa bimbingan skripsi kami melayani bimbingan tatap muka secara langsung atau via online meeting.




1. Skripsi kuantitatif
Jenis metode ini adalah sebuah penelitian yang akan menggunakan kuisioner atau menggunakan metode survei yang nantintya akan dibagikan dandisebar secara acak ke subjek penlitian. Akan dilakukan perhitungan matimatika jika sudah selesai pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner tersebut. Bahkan metode ini kadang juga akan menggunakan bantuan dari software pengolahan data, salah satu contohnya adalah SPSS.

2. Skripsi kualitatif
Ini merupakan pengumpulan data secara langsung kelapangan menggunakan metode tanya jawab atau sejenis wawancara. Ini adalah metode yang akan melakuakn pengolahan data melalui observasi atau kajian lebih dalam langsung ke subjek penelitian. Waktu yang digunkan relatof lama dan tidak memerlukan perhitungan matematika serta data yang didapat lebih akurat.

Mana yang lebih mudah, Kuantitatif atau Kualitatif?
Sebenarnya ini adalah 2 metode yang sama-sama akan mendukung pendapatkan data dari skripsi yang dibutuhkan. Dan tingkat kemudahan akan bergantung dari jenis penelitian dan hipotesis yang diperlukan. Biasanya siswa yang menyukai bidang ilmu di cabang eksak akan lebih menggunakan metode kuantatif sedangkan mahasiswa yang menyukai cabang imu sosial akan lebih cenderung menggunakan metode kualitatif.

Struktur skripsi
Nah, berikut akan kita jabarkan panduan skripsi baik menggunakan metode kualitatif maupun kuantitatif.

Panduan skripsi kuantitatif dan kualitatif
Ini akan terdiri dari 3 bagian utama yaitu:
1. Bagian awal
Ini merupakan bagian dasar yang akan mengandung beberapa rangkuman informasi seperti :

Halaman sampul luar
Ini adalah bagian yang akan berisikan judul, gambar logo dari unversitas, identitas institusi, nama dan identitas mahasiswa serta nomor induk mahasiswa tersebut. 

Halaman judul
Ini akan dicetak tidak jauh berbeda dengan halaman sampul luar, hanya saja perbedaannya halaman sampul luar akan ada menggunakan hardcover sedangkan ini menggunakan kerta skripsi biasa.
Surat pernyataan keaslian penelitian

Ini merupakan surat yang menyatakan bahwa yang memiliki skripsi telah selesai melakukan penelitian dan tidak melakukan beragam upaya kecurangan seperti penjiplakan atau pemalsuan data dari hasil skripsi atau penelitiannya tersebut. Surat pernyataan ini akan dilengkapi dnegan adanya selembar materai 6.000 dan akan mendapatkan sanksi pencabutan gelar sarjana atau S1 nya jika terdapat ada kecurangan atau penjiplakan data.

Halaman persetujuan
Ini merupakan bagian yang menyatakan adanya persetujuan dari dosen pembimbing bagi mahasiswa untuk melaksanakan penelitian tersebut. 

Halaman pengesahan
Nah, ini merupakan sebuah halaman yang akan berisikan informasi kapan dilaksanakan ujian, tanda tangan dari semua penguji dan nama dari peneliti.
Kata pengantar
Ini merupakan halaman dimana penulis akan meberikan rasa ucapan syukur dan berterimaka saih terhadap siapapun yang mebantu dan berjasa dalam pembuatan skripsi tersebut. Berikut isi dari susunan skripsi:
Daftar isi
Daftar tabel
Daftar gambar
Daftar lampiran

Abstrak
Bastrak akan terdiri dari 2 jenis bahasa, yaitu bahasa indonesia dna bahasa inggris. Ini merupakan halaman yang akan menyimpulkan secara padat isi dari skripsi tersebut lengkap dengan tujuan penelitian, kata kunci dan metode serta hasil dari penelitian.

2. Bagian utama
Ini merupakan bagian yang harus memuat beberapa hal berikut ini:
Pendahuluan
Latar belakang masalah
Tujuan penelitian
Manfaat penelitian

Landasan teori
Ini merupakan halaman yang mengungkapkan teori apa saja yang digunakan oleh penulis dalam memecahkan dan merumuskan maslaah yang ada didalam skripsi tersebut.

Metode penelitian
Ada 6 hal penting yang harus ada didalam metode penelitian yaitu :
Identifikasi variabel dalam penelitian,
Definisi dari operasional variabel yang ada dalam penelitian,
Populasi serta jenis sampel penelitian,
Alat dan Metode yang dipakai dalam pengumpulan data,
Validitas, reliabilitas alat ukur dan seleksi item,
Metode dari analisis data.
Pelaksanaan,pembahasan serta  hasil penelitian,
Orientasi dari kancah  penelitian serta adanya  persiapan

3. Orientasi kancah
Ini akan menyediakan beragam informasi penting seputar penelitian yang telah terlaksana seperti : subjek penelitian, lokasi dari penelitian, serta bagaimana keadaan dari lingkungan penelitian yang kadang tidak bisa dijabarkan kedalam diagram maupun tabel.

Persiapan
Sesuai namanya ini merupakan bagian yang akan memuat semua persiapan penelitian mulai dari bagaimana persiapan administrasi hingga bagaimana persiapan modul.

Pelaksanaan penelitian
Ini merupakan bagian yang akan memuat bagaimana laporan dari pelaksanaan penelitian tersebut. Dimana peneliti akan menuliskan secar terperinci tentang keadaan subjek selama penelitian berlangsung serta tanggal dari pelaksanaan penelitian tersebut.

Hasil penelitian
Ini akan berisikan beragam laporan dari analisis penelitian yang sudah dilakukan oleh penulis atau mahasiswa tersebut. Akan disajikan dalam bentuk diagram maupun tabel dengan adanya penjelasan atau keterangan yang menyertainya.

Pembahasan
Ini merupakan bagian dimana peneliti harus menjabarkan bagaimana hasil dari penelitian tersebut. Ini kaan dijabarkan persis sesuai denga  kaitan dan teori-teori ilmiah yang berlaku dna bersangkurtan dengan subjek penelitian tersebut. Merupakan bagian inti yang akan menentukan keberhasilan dan bagaimana gambaran penelitian yang telah dilakukan.

Kesimpulan dan saran
Nah, sesuai dengan namanya ini merupakan bagian akhir yang akan memuat bagaimana saran dan kesimpulan yang dilakukan oleh penulis. Kseimpulan akan merangkum keseluruhan hasil dari penelitian tersebut.

Bagian akhir
Ini merupakan bagian dimana penulis akan menyelipkan daftar pustaka yang digunakan sebagai media referensi selama melakuak penelitian dan menyelipkan lampiran dan hal penting lainnya.

Walaupun kadang ada perbedaan setiap jurusan, dan universitas, pada umumnya isinya hampir sama. 

Nah, semikianlah panduan pembuatan skripsi yang harus diketahui oleh mahasiswa semester akhir. Selamat berjuang, ya!

Jika butuh bantuan skripsi dan tesis bisa hubungi kami : 


HUBUNGI KAMI 
SEGERA
088983485909






Tidak ada komentar:

Posting Komentar