Bagaimana membuat Metode Penelitian Skripsi, Tesis dan Disertasi

 Metode Penelitian Skripsi, Tesis dan Disertasi 



Apa bedanya metode penelitian yang ada di proposal dan metode penelitian yang ada di dalam naskah akhir.

Artikel ini tidak akan membahas detail tentang Apa itu metode kualitatif Apa itu metode kuantitatif misalnya dan kemudian detail jenis-jenis metode yang ada di dalamnya tetapi video ini ingin memberikan gambaran yang mudah tentang definisi dulu dan pemahaman terhadap Apa itu metode penelitian semua jenis penelitian.

Apakah itu nanti anda tulis dalam bentuk jurnal, Anda tulis dalam bentuk book chapter, Anda tulis dalam bentuk buku, Anda tulis dalam bentuk tcc tidak skripsi itu prinsipnya sebagian besar kurang lebih sama yaitu Anda membuat pertanyaan penelitian, menemukan masalah yang kemudian, anda rumuskan dalam bentuk rumusan masalah dan kemudian Anda jawab pertanyaan tersebut.


Metode adalah cara Bagaimana anda menjawab pertanyaan penelitian menjadi sebuah jawaban, jadi metode penelitian skripsi, tesis dan disertasi terkait dengan cara anda jelaskan ke pembaca.

Bagaimana anda menemukan Jawaban dari pertanyaan itu jadi ini ada tiga hal yang perlu Anda camkan.

Kalau anda ingin melakukan penelitian yaitu Bagaimana anda sampai pada rumusan masalah..

Bagaimana caranya Anda mendapatkan jawaban dari masalah tersebut dan sebutkan pemecahan masalah tersebut atau solusinya.

Jadi ada pertanyaan yang anda cari-cari sendiri kira-kira itu dan kemudian ada jawaban dari pertanyaan yang anda cari.

metode penelitian Skripsi, Tesis dan Disertasi adalah jembatan Bagaimana anda menemukan Jawaban dari pertanyaan penelitian Anda seringkali bentuk pertanyaan penelitiannya itu susah jelimet sehingga ketika masuk ke metode itu juga ikutan jelimet ikutan susah bagian terkait dengan pertanyaan penelitian.


Perbedaan antara metode yang ada di dalam proposal penelitian anda dan metode yang anda tulis menjadi bagian dari naskah akhir yang anda presentasikan dalam skrip sidang atau ujian.

1. Anda harus pahami dulu metode itu terkait dengan cara.  saya menganalogikan metode itu seperti sebuah perjalanan misalnya Ketika saya sekarang ada di Jogja. Bagaimana cara saya sampai ke Jakarta.

ada beragam cara untuk saya sampai ke Jakarta ada beragam metode yang harus saya gunakan untuk bisa sampai ke Jakarta. umumnya orang-orang akan mengatakan kalau saya dari Jogja ke Jakarta saya menggunakan kereta api, Saya memakai bisa atau Saya mau naik pesawat terbang.

metode metode yang umum itu sudah banyak yang menulisnya di buku buku metode ada yang menulis tentang bagaimana terbang cepat dan murah dari Yogyakarta sampai Jakarta.

ada yang menulis Bagaimana bisa tidur nyenyak dan tahu-tahu sampai ke Jakarta menggunakan kereta api, ada yang menulis juga bagaimana menuju Jakarta dari Yogyakarta menggunakan best tapi anda tidak ketipu calo.

ada banyak sekali buku-buku tentang bagaimana cara anda sampai ke Jakarta dari Yogyakarta.

saya ingin sampaikan bisa jadi pemahaman Anda terhadap metode salah sehingga yang anda tulis adalah sebuah kesalahan di bagian proposal yang anda tulis adalah rencana Anda Bagaimana anda sampai ke Jakarta.

Anda boleh mengutip beberapa tulisan orang-orang, Anda boleh melakukan salah satu dari yang umum itu, Anda boleh ke Jakarta.

Saya berencana ke Jakarta menggunakan kereta api atau menggunakan bus, Anda boleh saja menulis begitu dan anda kutip.

jadi bagian metode proposal itu terkait dengan rencana Anda melakukan penelitian adalah metode anda untuk melakukan penelitian ada beberapa metode-metode yang enggak umum misalnya kalau kalau dari kita analogikan tadi.

Bagaimana cara anda sampai dari Yogyakarta ke Jakarta? Anda boleh melakukan variasi terhadap metode-metode yang sudah baku terutama untuk penelitian kualitatif ya untuk kuantitatif mungkin agak sedikit berbeda tetapi untuk untuk kualitatif Anda boleh melakukan apapun Anda boleh berimprovisasi.


kesalahan umum yang terjadi ketika menulis bagian metode dalam proposal penelitian adalah Anda mengutip banyak orang itu tanpa anda menjelaskan Sebenarnya anda mengenai apa ke Jakarta jadi yang Anda Anda ungkapkan disitu adalah rencana proposal.

Bagaimana cara anda sampai ke Jakarta bukan mengutip tulisan orang pengalaman orang tentang pergi ke Jakarta menggunakan variasi transportasi yang berbeda-beda.

seringkali metode itu adalah kumpulan definisi orang ini naik ke Jakarta pakai ini orang ini pergi ke Jakarta menggunakan kereta api orang ini pergi ke Jakarta menggunakan sepeda motor yang waktunya lama tetapi anda lupa anda itu mau ke Jakarta pakai apa.

Nah itu yang harus anda tulis Sebenarnya bukan hanya pengalaman orang itu Anda boleh mengutipnya tetapi anda jelaskan.

Hal paling penting adalah anda menjelaskan Saya ingin ke Jakarta menggunakan kereta api Berdasarkan pengalaman orang yang sudah pergi ke Jakarta dengan kereta api Anda sebut siapa menurut dia begini menurutnya begini Jadi saya sudah melakukan tips perjalanan atau rencana perjalanan ke Jakarta dari Jogja dengan aman dan benar sesuai kaidah yang sudah diterima oleh banyak orang.

akhirnya saya sampai ke Jakarta dengan cara naik kereta api itu sesuai dengan petunjuk dalam buku X misalnya begitu. sampaikan ada beberapa variasi yang saya temukan di jalanan , kereta anda mengalami gangguan dan aneh diturunkan di sebuah stasiun dan Anda harus nyambung ke naik bus. rencana Anda naik kereta api ternyata cuma sampai Cirebon dan Cirebon Anda turun kemudian melanjutkan naik bus ke Jakarta.

Anda jelaskan itu di naskah , Anda bagaimana itu kok beda variasi Ya nggak papa kan yang penting caranya Caranya Anda jelaskan cara itu masuk akal diterima dalam komunitas akademik.

seringkali pertanyaan yang ada di dalam bagian metodologi itu terkait dengan cara anda yang tidak masuk akal untuk sampai pada data.

seringkali ditanyakan di penguji, jadi karena enggak bisaan kalian bahwa saya pergi ke Jakarta terbang dalam waktu 10 menit.

anda harus Jelaskan secara kronologis makanya itu penting penting sekali bagian metode Karena ini menunjukkan bahwa anda sudah melakukan prosedur sudah menunjukkan cara yang disepakati dalam dunia akademik terkait dengan penelitian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar