Pertanyaan apa saja sih yang bakal ditanyain oleh penguji saat sidang skripsi ? Pertanyaan dan jawaban saat sidang skripsi

 

Pertanyaan apa saja sih yang bakal ditanyain oleh penguji saat sidang skripsi 

Ada beberapa pertanyaan oleh penguji dosen yang selalu ditanyakan. ada pertanyaan bagaimana cara menjawabnya?

1. pertanyaan pertama Apa judul penelitian saudara?,  ini tuh padahal waktu kalian presentasi itu udah jelas-jelas disebutkan terpampang di slide judul skripsi kalian tapi biasanya memang kami menanyakan lagi untuk memastikan bahwa Kalian paham bahwa kalian menguasai dan bahwa kalian hafal dengan judulnya sendiri Makanya sangat disarankan bagi kalian untuk menjawab Tanpa membaca jadi jangan sampai itu kalian ketika ditanya judul, buka lagi cover skripsi kalian. nanti dosennya jadi suka iseng Hai lah ini perhatian kamu sendiri kan aku nggak hafal sih sama judulnya sendiri nah Suka jadi komentar gitu ya jadi lebih baik di hafalkan tapi kalau untuk pertanyaan-pertanyaan yang lain itu pada umumnya ya hampir semua kampus itu tidak melarang kalian untuk membaca atau mencari jawabannya deskripsi kalian jadi tidak perlu semuanya dihafalkan cuman yang judul itulah Setidaknya kalau judul mah hafal.

2. pertanyaan kedua Mengapa saudara tertarik untuk meneliti hal tersebut? cara menjawabnya sama dengan pertanyaan yang berikutnya yang nomor tiga ini Cuman beda versi aja ya tapi cara menjawabnya sama Apa yang melatarbelakangi penelitian saudara Memangnya ada masalah apa? Nah ini cara kalian menjawabnya adalah dengan menunjukkan fenomena gap artinya apa kalian Lihat kondisi umumnya tuh seperti apa sih tapi ini ada yang berbeda atau kondisi ideal harusnya Seperti apa tapi ini Kok ada ya beda beri yang berbeda ini nanti eh bisa berpengaruh apa atau yang berbeda ini disebabkan atau oleh siapa atau yang berbeda ini uniknya apa gitu nah ini yang kita Jelaskan bahwa ini perlu dicari tahu berbeda ini enggak harus selalu negatif ya berbeda juga bisa positif.

Misalnya kita lihat selama Pak demi itu semua bisnis kuliner misalnya mengalami kerugian tapi ini ada satu bisnis yang malah tambah maju kok bisa dia berbeda gitu ya apa yang menyebabkannya berbeda atau Strategi apa yang dia gunakan.

3. pertanyaan ketiga Nah dari penjelasan kedua pertanyaan selanjutnya apa manfaatnya? contohnya kalau untuk menjawab apa manfaatnya Nanti kalian coba cari kalau meneliti ini memangnya Apa manfaatnya, Apakah kau dengan nanti kita melihat strateginya apa mudah-mudahan ini bisa kemudian menjadi contoh bagi industri serupa supaya nanti tetap bisa bertahan di masa pandemi. 

4. pertanyaan keempat Mengapa saudara meneliti objek tersebut? Mengapa meneliti di lokasi tersebut ini cara menjawabnya sama kalian paparkan data ilmiah ya data ilmiah bisa Dari jurnal bisa dari buku atau bisa dari website berita ada-ada fenomena apa-apa yang menarik dari objek itu gitu Ada apa di lokasi tersebut pastikan bahwa kalian menjawabnya dengan alasan penelitian atas meninggalnya tadi alasan yang ilmiah alasannya ada landasannya jangan menjawabnya dengan alasan peneliti. Nah kalau alasan peneliti contohnya gini kenapa kamu meneliti di perusahaan X Oh iya kebetulan kakek Saya bekerja di sana. Nah itu alasan peneliti jangan ya Kenapa kamu menurutnya di desa X Oh iya saya tinggal di sana aja jangan ya jadi disebutkan paparan alasan yang ilmiahnya.

5. pertanyaannya Apa definisi konsep-konsep yang ada di judul penelitian? pastikan kalian menguasai atau tahu definisi dari semua konsep utama yang ada di penelitian contohnya gini kalau penelitian kalian judulnya kredibilitas Ibu indra dalam memberikan materi tentang skripsi a ya Nanti ditanya Memangnya Apa yang dimaksud dengan kredibilitas ya? karena bisa menjelaskan definisinya dari ahli ada bukunya. Memangnya Apa yang dimaksud dengan skripsi jadi semua kata yang ada di judul itu harus kalian pahami ya.

6. pertanyaan yang ke-6 Apa tujuan penelitian saudara? kalau ini tuh tinggal baca aja ada di bab 1 pertanyaan penelitian kalian itu juga tinggal baca poin-poinnya apa aja, tapi biasanya pertanyaan tentang ini tuh gak sampe disitu aja berhenti dosennya pengujinya akan mengejar lagi dari mana tujuan itu kalian dapatkan dari mana tujuan itu diturunkan. kalian harus bisa menjelaskan mengapa penelitian kalian itu tujuannya Dari mana? Apakah dari teori? apa variabel-variabel yang ada di teori atau apakah dari pendapat ahli? apakah dari metode penelitian? karena ada metode penelitian yang udah punya pertanyaannya Pakem gitu kalau meneliti dengan metode ini itu itu pertanyaannya gitu ya jadi atau itu tujuannya.

7.  Pertanyaan Nomor 7 ini tuh ya Berkaitan dengan Apa manfaat penelitian? ini karena manfaat Tuh kan ada dua ada teoritis ada juga praktis ya atau manfaat akademis manfaat praktis ya itu kadang kita bikin manfaat kayak hanya formalitas gitu. loh padahal yang sering-sering ditanya itu teoritis ya Memangnya apa subangsih penelitian kamu ini untuk pengembangan bidang ilmu. makanya pastikan bahwa penelitian kalian itu bidang ilmunya sama dengan Prodi kalian, karena bisa ditanya juga gitu aku ini penelitian Kamu memangnya penelitian sesuai dengan bidangnya Kamu contohnya gini ya loh Ini Mbak penelitiannya bisa produk saya kan manajemen komunikasi Memang ini penelitiannya manajemen komunikasi kok dari judul tidak mencerminkan manajemen komunikasi. Kalau judul Kita enggak mencerminkan bidang kita, ini bisa ditanya Memangnya apa Ma manfaat penelitian ini bagi perkembangan ilmu saudara. Jadi pesan saya pastikan ini sesuai dengan bidang ilmunya supaya kalian dapat menjawab ketika ditanya tentang manfaat ini udah mah Biasanya kalau judul Kita atau skripsi kita enggak sesuai dengan bidang ilmu tuh dikejar banget gitu ya dan eh Sukajadi mempermasalahkan si para pengujinya.

8. Pertanyaan 8  apa teori yang saudara gunakan? Jawab ya apa teorinya Terus siapa penemunya ini juga kalau bisa kalian gak perlu Lihat catatan yang ini ya siapa penemunya nanti disusul lagi itu pertanyaannya apa asumsi teori itu benar kalian harus paham teori yang kalian gunakan itu asumsinya apa teori. Pertanyaan ini yang berikutnya lagi adalah nih kalau kuantitatif bisanya apa hipotesis penelitian saudara tinggal dibacain aja. 

9 Pertanyaan nomor 9 metode apa yang saudara gunakan? jawab nanti akan disusul oleh pertanyaan berikutnya hampir pasti Mengapa saudara menggunakan metode ini? kalian jelaskan Biasanya kita menjelaskannya dengan merujuk pada tujuan Karena tujuan penelitian saya ini nih makanya metode ini adalah yang paling tepat untuk mencapai tujuan tersebut nanti bisa dosen yang ngajar lagi kenapa nggak pakai metode yang X Y yang X Kenapa nggak pakai metode yang Ya kenapa nggak pakai metode Z misalnya gitu ya Jadi biasanya suka membanding-bandingkan gitu dengan metode-metode yang lain makanya menurut aku sih kalau kalian pakai metode tertentu kalau bisa metode yang agak-agak mirip itu Kalian juga paham jadi akan kuat banget Alasannya kenapa airnya kalian mau ada yang ini ya berikutnya lagi adalah apa Data primer dan sekunder penelitian ini biasanya ditanya juga bahkan definisinya. data primer Apa yang dimaksud dengan data sekunder.

nanti ngejelasin data primer kalian apa-apa kalau dari sumber dari informan, apakah data dari kuesioner? yang sekunder Sebutkan lagi berikutnya adalah apa teknik penarikan sampel yang digunakan kalau kuantitatif teknik penarikan sampel nya pake teknik apa Terus bagaimana cara kalian melakukannya itu ditanya seperti itu untuk tahu ketika kita melaksanakannya Seperti apa Jadi kalian tinggal ceritain aja waktu itu Saya melakukannya dengan cara ini ini ini diceritain aja kalau yang di kualitatif penelitian yang sejenis ini adalah Bagaimana penentuan informan nya kenapa dia yang cara ini gitu ya itu juga sama Allah ya bagaimana kalian melakukannya di lapangan untuk yang teknik penarikan sampel ini. kalau penelitian kalian kuantitatif terus korelasional juga suka ditanya ada enggak kerangka nya ya berangkat uh nama-nama orangnya untuk memastikan bahwa kalian itu mengumpulkan datanya enggak insidental. pastikan kalian punya kerangka atau data yang data awal yang dijadikan patokan ketika memilih informannya.

10 Tentang sampel tuh juga ditanya margin of error nya berapa Kenapa kamu pakainya segitu ya. 

11. pertanyaan berikutnya Apa teknik pengumpulan data yang digunakan? Jawab aja tekniknya Apakah kalian pakai wawancara Apakah studi kepustakaan Apakah menyebarkan kuesioner ya nanti juga pasti akan dilanjutkan dengan pertanyaan Bagaimana kalian kemarin melakukannya di lapangan ceritain aja. Jadi kalau pertanyaan tentang metode ini sebenarnya ketika kalian melakukannya sendiri itu gak ada masalah cerita kalian Tinggal Cerita apa yang kalian lakukan.

 Gimana kalau yang saya lakukan ternyata salah? Enggak gimana-gimana banget kok biasanya paling Lo harusnya kamu kemarin tuh gini gini gini ya. tapi jarang banget juga sih yang disuruh ulang. yang penting dosen cuman memastikan bahwa kalian melakukannya sendiri gitu. 

12. berikutnya apa skala yang digunakan? mulai dari ini biasanya jenis skala tuh ditanya juga bahkan sampai Kalian paham gak sih jenis skala Apa bedanya skala nominal ordinal interval rasio terus ini kenapa pakai like kenapa pakai Semantic differential. Emang bedanya apa Kenapa kalian milihnya yang itu-itu juga ditanya jadi pastikan kalian memahami tentang skala bukan hanya yang kalian gunakan tapi secara keseluruhan skala itu seperti apa berikutnya eh oh ya yang skala itu hanya untuk yang kuantitatif ya kalau kualitatif karena kan datanya semua berupa paparan jadi enggak pakai skala enggak pakai itung-itung.

13. Apa teknik uji validitas dan reliabilitas yang digunakan? Ini pertanyaan kuantitatif ya kalau uji validitas dan reliabilitas kalian tinggal ceritakan tekniknya apa yang digunakan cara menghitungnya dan lain-lain nanti suka ditanya juga kemarin informan yang dipakai untuk uji validitas dan reliabilitas ini kamu huh Gingga untuk menghitung di hasil dan pembahasan kalian jawabnya tidak ya karena responden yang dijadikan untuk menguji validitas dan reliabilitas itu tidak boleh digunakan untuk responden yang sebenarnya gitu untuk penelitian kualitatif pertanyaan tentang validitas dan reliabilitas ini biasanya adalah apa teknik triangulasi yang kalian gunakan jadi triangulasi itu adalah teknik pemeriksaan keabsahan data nah kalian ceritakan pakai teknik apa apakah pakai triangulasi sumber triangulasi ahli atau teknik yang apa ceritakan aja ya dan bagaimana cara kalian melakukannya.

14 Pertanyaan nomor 18 Bagaimana anda mengolah dan menganalisis data? ini cak pakai teknik apa uji apa atau kalau di kualitatif Kalian pakai model analisis apa tinggal diceritain ya Terus bagaimana bagaimana hasil penelitiannya ini juga ceritakan kalau bisa kalian siapkan hasil penelitiannya ini hasil penelitian kalian siapkan dulu jawaban ya sebelum masuk sidang tuh jawaban kuotanya hasil tuh dalam sebuah rangkaian kalimat satu paragraf gitu loh yang bisa menggambarkan hasil penelitian kalian secara singkat jadi supaya di dalam tuh nggak terbatas bau ayo gimana ya berapa puluh halaman tapi untuk menjelaskannya secara singkat sebaiknya kalian siapkan ya terus suka ditanya Apakah ada model yang dihasilkan Nah tinggal ditunjukkan kalau memang ada model.

15 kesimpulan penelitian saudara? pastikan bahwa kesimpulan ini jumlahnya sama dengan tujuan penelitian keren namanya Kesimpulannya adalah jawaban atas pertanyaan atau tujuan penelitian. Jadi kesimpulan itu menjawab tujuan penelitian pasti  jumlahnya sama. 

16. saran Apa saran saudara? dosen kadang bilang saran tidak sesuai judul, aneh kamu kok sarannya ini kok nggak sesuai, emangnya hasil penelitiannya Apa yang membuat kamu jadi ngasih saran ini landasannya apa Jadi saran itu dibuat berdasarkan temuan penelitian temuannya apa. misalnya untuk konten kreator kedepannya lebih memperhatikan daya tarik itu lebih memperhatikan penampilan ketika membuat konten karena tadi temuannya bahwa ternyata daya tariknya penampilannya kurang 

Jadi saran itu enggak sembarangan kita buat ya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar