Cara mangatasi takut saat sidang skripsi


Mulai dari semester lima enam tujuh kita fokus mengerjakan skripsi supaya bisa lulus tiga setengah tahun atau empat tahun itu lulus tepat waktu.

Sebenarnya dosen juga sering bertanya-tanya ya kenapa sih mahasiswa takut sidang? Hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi rasa cemas kita yang pertama memang cemas itu suka datang dari berbagai hal bahkan mungkin kalian gak tahu kenapa sih saya cemas dan Saya takut, kalau gitu Coba ambil selembar kertas apapun itu tulis Saya takut karena karena apa?

APa Karena dosennya Killer karena pembimbing kalian gak support atau apa gitu kalau sudah dituliskan nanti kita akan punya pikiran. kalau gitu yang harus di soft yang dicari solusinya tuh yang mana tapi kebanyakan ketika diminta untuk menuliskan takutnya itu. itu tuh susah karena sebenarnya nggak ada yang harus ditakutkan.

sidang skripsi itu ibaratnya satu langkah akhir dulu jadi yang kalian harus Tanamkan dalam diri kalian itu bukan rasa takut dan cemas justru rasa semangat.

kadang kita ketakutan sama dosen karena mungkin kalian berpikirnya dosen itu akan menjatuhkan kalian menjebak kalian. enggak ada pertanyaan berusaha menjebak Enggak cuma biasanya memang kalian salah jawab tapi apakah sengaja, ya nggak gitu. Jadi dosen itu masuk ruang sidang baik sebagai pembimbing ataupun penguji yang akan menguji naskah kalian gak ada niatan awal untuk menjatuhkan kalian atau mentidak luluskan kalian.


Insyaallah ya dosen itu akan berperan profesional ketika di dalam ruang sidang terus Kalian juga jangan-jangan berpikir perlu aku takut salah aku takut salah gitu nanti kalau salah Allah dosen akan mengingatnya terus-menerus enggak ya dosen itu kalau kalian punya kesalahan Percayalah keluar ruang sidang itu kita udah lupa lagi Dan semua akan menjadi baik-baik lagi.


intinya gini sepanjang skripsi itu kalian paham dari mana prosesnya dari awal sampai akhir Kalian juga mungkin tahu dimana letak salahnya Dimana letak kurangnya dan kalian bisa mempertanggungjawabkan itu semua. Saat sidang skripsi itu nama pengujinya udah diumumkan dua hari atau sehari sebelumnya gitu. Jadi kalian sudah tahu siapa yang akan menguji kalian nggak ada salahnya memang kalian bertanya tentang karakter dosen tertentu misalnya Bapake itu biasanya Seperti apa kalau Muji pertanyaannya apa gitu Contohnya Bu Ira kalau nguji pertanyaannya apa gue kalau Muji pertanyaannya yang ditanyain daftar pustaka ntar pustaka dan kata pengantar.

Ya ada juga dosen yang hobi menggali banget sebuah konsep gitu ya sampai dia yakin bahwa anak ini memang paham terhadap apa yang dia teliti ada yang hobinya bertanya tentang metode penelitian itu boleh kalian tanyakan ke kakak tingkat. Bagaimana sih biasanya kebiasaan tiap dosen ketika menguji.

siapkan list pertanyaan yang mungkin muncul. Tadi kan saya sampaikan jadi Sudah ada banyak konten yang membahas tentang Bagaimana sidang skripsi pertanyaan yang muncul dan cara menjawabnya.

Pertanyaannya apa saja siapkan jawabannya ya kalau kita udah mempersiapkan kan minimal enggak terlalu Kaget gitu. ketika ada di dalam lalu yang berikutnya jangan lupa latihan-latihan dan latihan jadi siapkan presentasi skripsinya siapkan diri kalian itu jangan H min satu menjelang sidang. jadi dari sebelumnya PPnya sudah disiapkan Terus latihan-latihan kalau ada temen Alhamdulillah kalau enggak ada temen bisa sama kakak adik ya kalau kalian memang sendirian banget boleh bersama bayangan kalian dicermin baik kali ini saya akan presentasi mengenai penelitian saya gitu ya lihat aja bayangan kalian di cermin Betapa cantiknya dia percaya diri ya gitu itu saja beberapa tips yang bisa kalian lakukan Jangan takut sama sidang skripsi Insya Allah ya Semua akan terlalui dengan baik semangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar